Thursday, January 1, 2009

Buah Pikiranku

Banyak sahabatku bertanya kepadaku, kenapa aku sering menuliskan sesuatiu yang aneh di blog. Misalnya tulisan yang teramat pendek, puisi angka dan sebagainya.

Mulanya aku bingung menjawab. Bahkan aku tidak siap mendapat pertanyaan seperti itu. Karena buatku, saat tulisan itu keluar dari pikiranku, ya karena tulisan itu memang berada di urutan paling depan pikiranku yang ingin berhamburan. Atau jangan-jangan memang aku termasuk orang aneh ya, memanjakan kata-kata berkata tanpa sekedip-pun memikirkan asalnya?

Kebiasaan tidak menyaring kata dan mengeluarkan pikiran dalam tulisan seperti inilah yang sering menimbulkan anggapan beberapa temanku bahwa aku sudah mendekati ketidaksadaran mental alias sinting. Padahal sejujurnya setiap kata yang terlanjur keluar dari pikiranku, mau tidak mau, disadari atau tidak sudah melewati lorong pemikiran di kepalaku. Jadi bullshit kalau ada yang bilang aku tidak memikirkannya sebelum berterbangan.

Kata-kata adalah buah pikiran yang terucap lewat organ bicara kita. Dan berhubung blog ini dalam media tulis, maka kata-kata yang sejatinya menjadi bahasa lisan terurai menjadi bahasa tulis. Para sahabatku mungkin tak bisa pahami 100% makna tulisan yang aku buat, tapi itu resiko. Dan aku tidak terlalu memikirkannya.

Sekali lagi, itulah tulisanku. Buah pikiran yang begitu matang langsung terpetik dan kubagikan kepada semua orang. Jika itu bermanfaat, alangkah senangnya aku.

Jika tidak?

3 comments:

  1. gak apa-apa ayaaaaahhhh... aku tak pernah menanyakan itu kok... just be yourself...

    Ah, tante bisa aja...

    ReplyDelete
  2. wajar kalo menurut aku sih.
    tulisan orang hampir selalu menunjukkan bagaimana orang itu... dan apa yang ada di pikirannya saat itu...

    dan...

    ehm...
    aku sih tidak menganggap aldie 'sinting'... jauh dari itu. tulisan di blog ini sangat kreatif. hanya saja... pertanyaan (dan pernyataan) yang sama seperti komentar yg dulu pernah aku tulis di blog ini: menurut aku ada banyak kemarahan terpendam...

    ehe... daripada marah, cari es tong tong aja yuk, untuk mendinginkan kepala dan hati... mau? ;-)

    salam,

    d.

    Hehehe...bisa aja si Dee ini...
    Memang semua tulisanku awalnya dari apa yang aku rasakan dan aku pikirkan. Mungkin pemilihan kata-kataku yang tak bisa "disamarkan" untuk lebih berada di permukaan...hehehe. Rumah kayu dan daun ilalang juga bagus. Top.

    ReplyDelete
  3. hmmm... daunilalang & rumahkayu bagus?
    wah, terimakasih ... i'm flattered :-)

    btw... yogya itu obsesi untukku lho...
    dari bertahun yg lalu aku inggiiinnnnn sekali tinggal di sana... entahlah, apa akan pernah kesampean atau ngga... :-D

    eh, gempa bumi baru2 ini,minggu2 lalu itu... ngga kenapa-napa kan,aman semua?

    d.~

    Djokja, nyaman hidup di kota ini.
    Alhamdulillah, gempa kemarin tidak apa-2. Sempat khawatir juga tapi kebetulan kita sedang di luar rumah.

    ReplyDelete