Thursday, November 13, 2008

Singkong Super

Tadi siang (di JCC, Indocomtech) perutku melilit minta di isi karena sejak pagi tak sesendokpun nasi aku nikmati. Sambil lirik kanan-kiri melihat pemandangan mengenaskan SPG (Sales Promotion Girl) beberapa perusahaan yang kekurangan kain untuk seragamnya (serba minim dan tinggi --roknya tinggi), aku mencari tempat makan di arena pameran.

Mmm, sepertinya di lantai 2 ada tempat makan yang asyik. Sambil melihat antrian dan banyaknya Pramusaji berseragam orange yang keren-keren, aku menakar harga yang akan aku terima saat aku makan nanti. Dijamin pasti tinggi dan menyayat hati. Setelah berdiskusi (tepatnya berbisik) dengan temanku yang sama-sama kelaparan, akhirnya aku (dan temanku tadi) urung makan di sana.

Dengan gontai aku meninggalkan 'warung makan ekskusif' itu, keluar hall JCC dan menuju warung makan kaki lima yang berada tak jauh dari gedung itu. Tepatnya di sebelah gerbang masuk JCC, sebelah area parkir motor.

Jangan tanya suhunya sepanas apa. Sejak perjalanan menuju ke warung kaki lima itu, keringat sudah membasahi kening dan punggungku. Apalagi saat duduk di salah satu warung itu. Huahhhh! Tempat yang sempit, tenda yang pendek, matahari tengah hari bolong dan cucuran keringat makin membuatku berasa mandi sauna (suerrr, cuma tau mandi sauna di film-film, belum pernah sekalipun!).

Aku pesan ayam goreng dan teh botol. Total Rp 15.000,-

Agak kaget juga dengan harga itu. Sepertinya semua jadi serba mahal sekarang. Apakah ini artinya krisis dunia sudah dimulai? Atau memang aku yang rada pelit pada diri sendiri sehingga menganggap harga itu gak 'setimpal' dengan menu yang aku terima? Kemahalan? Kok iya menurutku!

Sebelum kembali ke hall JCC mataku tertuju pada tumpukan singkong goreng mengepul di depan warung tempatku makan tadi. Kukeluarkan selembar 5 ribuan dan menunjuk singkong itu sebagai penggantinya. Uedannn, aku dapet 5 potong singkong! Berarti satu singkong goreng harganya Rp 1.000,-? Kemahalan? Lagi-lagi iya menurutku!

Sambil berjalan menuju hall aku berpikir, suatu hari singkong ini bisa berharga Rp 1.000.000,- sepotong. Entah kapan...

23 comments:

  1. cep ceep... sabar bro... harga tanah juga udah mahal sekarang... klo singkong udah bisa di tanem di tembok ya gpp... mungkin bisa turun kalee... kyk janji pemerintah yg mo nurunin tarip BBM gopek... :D

    aku pertamaxx gk yaa??

    ReplyDelete
  2. wew.. kayak di Zimbabwe aja lama2 Indonesia.. beli makan direstoran bisa seharga 10Milyar..

    mang klo ketempat2 gt bawa rantang dari rumah.. jd sekalian rekreasi.. saya jg suka kesel klo beli makanan tiba2 serasa di negara lain karena harga standar makan dan minum bisa tiba2 membumbung tinggi,, disertai dengan kualitas yang merosot tajam..

    Emang enak bekal sendiri dari rumah. Selain ngirit, kebersihan pasti terjaga karena dimasak dengan "cinta"

    ReplyDelete
  3. sekarang mana ada yang murah mas semuanya mahal abis.aku aja kadang terkaget-kaget..tapi karena kelaparan biasanya aku nekad beli asalnya rasanya maknyus sesuai dengan harganya

    Betul Bu...

    ReplyDelete
  4. Ya JHCC mas.... Biasanya kalau ditempat2 khusus kayak gitu emang dimahalin. Meskipun kaki lima... Yang saya heran kalau ke jogja. Makan bisa murah banget, saya bingung untungnya yang jual darimana? hehehehe...

    Ke Jogja aja yuk Mas... hehehe. Saya BENCI harga-harga di Jogja...hehehe

    ReplyDelete
  5. Sabar... Sabar... (sambil mengelus dada). Emang biginilah negara kita, apa2 serba mahal. Banyak utang sich sama negara lain. Kita orang kecil yang jadi sasaran(sambil marah2). Lucu ya nyuruh sabar tp marah2 juga. Tapi mo gimana lagi.
    Salam kenal.

    Makasih Bro, salam kenal juga...

    ReplyDelete
  6. tukang dagang sekarang juga gitu seh, seolah dia sama dgn gedung di sekitar....jadi kalo gedung itu lingkungan elite yg pasti pedagang jg menyesuaikan tarif dgn alasan biaya sewa juga tinggi....(--aneh mode on--)

    Prinsip ekonomi ya Bro. Kita semua kan penganut prinsip ekonomi...

    ReplyDelete
  7. harga semakin murah akan terasa bermanfaat jika para pemegang erat harta dan pemegang kekuasaan tak rela berbagi dunia dan mempersiapkan kehidupan akhirat yang lebih baik dengan saudara sesamanya ....

    selamatkan bangsa
    "allahuakbar ... allahuakbar ... allahuakbar ... merdeka", Bung Tomo Said.

    ReplyDelete
  8. Tempat menentukan harga. Coba beli bakso pas lagi PRJ, wah bisa bikin jantungan tuh. Dah gak enak, harga slangit. Coba juga beli Pop Mie pas lagi nyebrang Merak - Bakauheni.

    Merinding jadinya..... (mang setan apa yg jualan)

    Betul, memang tempat menentukan harga. Beli segelas teh manis di restorasi KA Bisnis harganya beda dengan barang yang sama di KA eksekutif

    ReplyDelete
  9. mas aldie, mahal atau murah itu hanyalah masalah daya beli.
    :)

    peace.....

    Kalau soal daya beli, pasti semua orang mampu beli singkong itu. Persoalannya adalah kok "mahal" ya. Orang "kaya" ketika beli sesuatu malah lebih kritis lho. Karena mereka tidak mau "tertipu" soal harga.

    ReplyDelete
  10. mau donk....

    Nanti ketemuan di JCC ya, aku beliin. Thanks sudah mampir...

    ReplyDelete
  11. pantes aja anak kecil yang suka minta2 ga mau dikasih duit cepek katanya dh ga laku... padahal cari duit makin susah ajah...

    btw lam kenal yach.....

    Duh kasian ya kalau sampai begitu, recehan gak dianggap lagi. Padahal 50 milyar juga belum 'genap' kalau kurang seratus rupiah

    ReplyDelete
  12. waduww mas, jaman sekarang emang serba mahal plus gak ada yang gratis,...lha wong kencing aja bayar kok,..

    Iya ya Mas... :p Mau kerja jadi pegawai untuk mencari uang kadang harus menyetorkan uang dulu...

    ReplyDelete
  13. Emang mahal kalo makan di daerah JCC. Mereka kira yang dateng ke pameran orang kaya semua kali ya.
    *Salam kenal bro.

    Begitulah Bro. Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir

    ReplyDelete
  14. pernah waktu saya sd dulu dua puuluh lima rupiah, bisa minum cendol dan makan lontong, sekarang 25 rupiah dapet apa, tukang parkir aja pinginnya 1000 rupiah, tau kenapa? :)

    Gak tau juga ya Mas. Aneh memang. Uang logam hanya laku buat "pak ogah", transaksi tiket di busway (kembalian/pembelian), pengamen, dan buat kerokan. Pecahan logam Rp 50,- diameternya kecil banget hehehe...

    ReplyDelete
  15. mmmmm wajar ajah lah harganya segitu toh di JCC trus lagi ada event pula... yah kesempatan bagi pedagang untuk meraup keuntungan...

    tapi disamping itu mereka kan kudu bayar sewa tempat juga... apalagi upeti dengan dalih uang kebersihan or keamanan...

    Lam kenal ajah pak... peace ach ^_^

    Thanks sudah mampir. Salam juga...

    ReplyDelete
  16. 1997....
    "sumpah nih super (rokok) kalo harganya sampe gope ga akan gw beli....mulai detik itu juga gw stop ngerokok (waktu itu rokok super harganya cuma cepe aja, itu dah naik dari yang harganya pe'go dua batang)"

    2008....
    "mbak beli supernya 1 batang dong,..(sambil ngeluarin duit secengan)....makasih ya mbak...(nyalain rokok, trus ngeloyor pergi...tanpa minta kembalian 300 perak)...

    Coba kalo kita beli kurang 300 perak? Nyalain rokok, langsung kaburrrr... Diuber sampai ujung kulon... :)

    ReplyDelete
  17. hehehe ... mank gitu ...
    Sekarang semua mahal dan tidak ada yang gratisss ...
    Lam kenal :)

    Salam kenal juga...

    ReplyDelete
  18. Walah dul...dul kuntul...
    Gorengan serreiibu (sambil gaya orang betawi) ude lama tau...
    di tempat kerjaku kebon sirih, sejak BBM naek semue gorengan ude serreeiibu...

    Yah, sekale kale ngasih untuk nyang gedhe amae petani singkong dul...

    Thanks dulkuntul, tapi itu bukan ngasih ke petani singkong. Itu dalam konteks jual-beli. Beda kalau kita memang ingin 'berbagi'... :). Kayanya harga singkong dari petani tetap aja gak signifikan naiknya (mungkin)

    ReplyDelete
  19. :D kan goreng singkong nya pake keju dan temen2 nya jadi deh singkong super....

    salam kenal bro...

    Gak ada bukti pake keju Bro. Menilik rasanya, bumbunya hanya bawang putih dan garam. Maknyusss...

    ReplyDelete
  20. gw pernah makan d warung dkt JCC, bubur ayam 1 mangkok + teh botol = Rp 20.000,-
    Gendeng....!!!!


    ^_^

    Tuhh kan...

    ReplyDelete
  21. lom pernah ke jhcc (norak bgt ya gw?)

    Besok ketemuan ama saya ya di depan penjual singkong super. Saya tunggu di sana. Nanti saya kasih tau JCC ada dimana.... :p

    ReplyDelete
  22. kok kaget...seh...lha.. wajar lah itu singkong kan jualnya d jcc ... ojo kaget gtyu dunk...


    hehee..salam kenal ya..

    Terima kasih, salam kenal juga... :)

    ReplyDelete
  23. itu emang tempat mahal, mas...jadi pedagang kakilima juga jual barangnya mahal...

    Tapi, kalo gw sih, rela belanja keluarin duit lebih banyak, tapi untuk pedagang kecil, dan beli produk lokal. Itung-itung bantu mereka. (bukan kampanye, loh...)

    Salam kenal, bro.

    Selama harganya "masih masuk" akal tidak apa-apa, Mas. Tapi kalau mereka seperti "membodohi", wah jadi jengkel deh. Kita kita toh sama-sama butuh. Thanks. Salam kenal juga...

    ReplyDelete